Selasa (20/2), Kantor Kepala Desa Wanamulya dikunjungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, ini kunjungan kali kedua setelah kunjungan pertamanya pada 22 Oktober 2017 ketika memastikan adanya penemuan sumur bersejarah yang kini dikenal dengan sumur Wanabadra pada Senin, 14 Oktober 2017 bertepatan 26 Muharroh 1439 H  yang mana Sumur ini diduga dan diyakini sebagai peninggalan Syaikh Maulana Magribi pada abad ke 14 M.

Ditemui langsung oleh Tafdhil Jamal (Kasi Perencanaan) dan Tabiin (Kadus 2) di Balai Desa Wanamulya siang kemarin Rombongan dari Dinas Penidikan dan Kebudayaan yang dikomandani langsung oleh H. Sobirin (Kabid. Kebudayaan) didampingi oleh Rohman (kasie Benda Purbakala), ibu Lili (Ahli Sejarah), dan ibu Putri (staf ahli purbakala).menyampaikan maksud kedatangannya ke Desa Wanamulya dan dilanjutkan kunjungan langsung ke Tempat Sumur Wanabadra dan tempat penyimpanan benda-benda temuan di Situs Wanabadra untuk melakukan identifikasi.

Disampaikan oleh ketua rombongan H. Sobirin (Kabid. Kebudayaan), bahwa tujuan kedatangannya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang pertama adalah untuk menindak lanjuti kunjungan pertama, setelah dulu memastikan penemuan sumur tua itu kini kedatangan kami untuk verifikasi awal benda benda yang ditemukan di Sumur Badra, yang kedua adalah menyampaikan surat tembusan dari Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kepala Desa Wanamulya.

Setelah menympaikan maksud kedatangannya kemudian rombongan diantar langsung oleh Tafdhil Jamal (Ka. Perencanaan) dan Tabiin (Kadus 2) ke Tempat dimana Sumur Tua itu ditemukan. Sesampainya di sana disambut langsung oleh tokoh masyarakat dan rombongan yang menjadi saksi mata ditemukannya sumur Wanabadra, ada Muh Yahya, Ust, Darmanto, (kedunya tokoh Agama), Suroso, Sugeng Waluyo dan Rohman Surinto sebagai tokoh masyarakat dan sekaligus saksi penemuan.

Dalam pertemuan ini dilakukan wawancara dan ferikfikasi benda-benda temuan, diantara yaitu:

  1. Gerabah dengan diameter 90 cm ada 13 Buah
  2. Gogok kuno 2 buah
  3. Bata merah kuno 15 batang
  4. Pusaka berupa 1 bilah Tombak
  5. Padasan kuno 1 buah

Adapun setelah verifikasi, disampaikan bahwa nanti kurang lebih 2 bulan yang akan datang aka nada Tim dari Balai  Arkeologi Yogyakarta yang akan meninjau lokasi ditemukannya sumur Tua ini.

identifikasi Tombak
identifikasi Tombak
identifikasi gerabah, dan batu bata kuno
identifikasi gerabah, dan batu bata kuno
wawancara dengan saksi (penemu) dan tokoh
wawancara dengan saksi (penemu) dan tokoh

Facebook Comments

Leave a Reply