Menilik Kesiagaan LINMAS Wanamulya

Menilik Kesiagaan LINMAS Wanamulya

IMG_20190411_090308Kamis (11/04), Pemerintah Desa Wanamulya mengadakan pembinaan dan pelatihan terhadap 40 Porsenil LINMAS Desa Wanamulya, Pelatihan ini dihadiri langsung oleh Danramil Pemalang Kapten ARM Eko Budiarjo, Kapolsek Pemalang diwakili oleh IPTU Ghofar dan di hadiri juga oleh Camat Pemalang Suhirman, S.Sos. ,M.Si
Kegiatan yang dimulai jam 08.00 Wib. sebagaimana disampaikan panitia kegiatan ini bertujuan menguatkan kembali perlindungan dan keamanan masyarakat tingkat dasar, terlebih situasi keamanan menjelang PEMILU 2019 sekarang. Sehingga LINMAS diharapkan siaga, temu cepat lapor cepat dan reprefentatif.
“LINMAS mempunyai peran yang sangat penting dari zaman dahulu sampai di era milenia seperti sekarang, dalam fungsinya sebagai pelindung masyarakat dan pemberi rasa aman terhadap masyarakat di tingkat paling bawah, karena itu harus selalu siaga, bisa memberi informasi sejak dini di lingkungan, bertindak cepat dan tepat dalam pengayoman dan perlindungan masyarakat”, demikian disampaikan Ribut Triyono selaku Kepala Desa Wanamulya.
“LINMAS merupakan modal dasar pertahanan berbangsa dan bernegara, harus tanggap dilingkungan masing-masing, cepat bertindak, mewaspadai segala bentuk ancaman dari yang terkecil dari tingkat yang paling bawah, karena itu harus disegarkan kembali exsistensinya di akomodir kembali keberadaannya, pesan saya: jaga kesehatan, selalu tanggap jangan sampai acuh dan tidak mau tau mengenai kejadian dan peristiwa dilingkungan masing-masing, cepat tanggap, cepat kordinasikan dan cepat bertindak, berkaitan dengan Pemilu pahami prosesnya dengan baik pasti hasilnya baik pula ” Disampaikan oleh Camat Pemalang Suhirman, S.Sos. ,M.Si dalam sambutannya di tengah-tengan peserta pelatihan, yang di perhatikan dengan serius oleh seluruh peserta.
Materi pertama disampaikan oleh Kapolsek Pemalang yang kebetulan pada kesempatan kali ini diwakili oleh Wakapolsek IPTU Ghofar, adapun materi yang disampaikan berkaitan dengan keamanan paling awal, menyikapi dengan cepat dan tepat dan bagaimana menjadi LINMAS yang tanggap terhadap terhadap situasi dan kejadian di lingkungan masyarakat.
Disusul kemudian materi yang tak kalah pentingnya dari DANRAMIL Pemalang Kapten ARM Eko Budiarjo, beliau memberi materi tentang Wawasan Nusantara, Bela Negara, ancaman Negara baik ancaman dari dalam maupun ancaman dari luar negeri dan disampaikan pula bagaiman kita harus Cinta Tanah Air.
Setelah materi dari berbagai narasumber selesai, sesuai jadwal peserta melakukan ISOMA bersama dan akan dilanjutkan dengan materi selanjutnya yaitu berkaitan dengan penangan dan kesiap siagaan di lapangan, pelatihan baris berbaris sebagai wujud kesiap siagaan serta kedisiplinan LINMAS, yang di pandu langsung oleh Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Wanamulya serta dibantu pula oleh anggota TNI dan Kepolisian.

IMG_20190411_093743

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan